Alasan Mengapa Seafood Bisa Picu Alergi


www.cekalergi.com

Seafood mengandung gizi yang tinggi dan citarasa yang sangat lezat. Sayangnya, seafood termasuk dalam kategori makanan yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh. Umumnya, alergi makanan laut disebabkan oleh makanan yang termasuk dalam golongan crustacean misalnya udang dan kepiting dan molluscs seperti kerang. 

Reaksi alergi yang dijumpai terhadap makanan laut dan ikan bisa berupa mual, diare, kram perut, gangguan pernapasan, gatal dan bengkak hingga anaphylaxis shock, yakni reaksi alergi yang parah dan berbahaya. Bahkan, jika sampai parah, maka bisa menyebabkan kematian.

Alergi ikan, udang, dan makanan laut lainnya bersifat unik karena reaksi alergi tidak hanya dapat timbul karena konsumsi langsung, namun juga dapat timbul akibat menghirup asap dan uap yang dihasilkan saat memasak, terutama saat memanggang. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pemasakan, makanan laut dan ikan dapat melepaskan komponen protein dengan ukuran sangat kecil yang dikenal sebagai amines. Jika komponen ini menempel pada alat masak, maka potensi untuk terkena alergi pun masih ada.

Biasanya, alergi terhadap seafood bersifat spesifik pada golongan tertentu, yakni antara alergi ikan, alergi kerang, alergi udang, atau hewan cructacean lainnya. Itu artinya,  seseorang yang mengidap alergi terhadap ikan tuna biasanya tidak mengalami alergi udang. Namun, seseorang yang alergi terhadap satu jenis makanan laut pada satu golongan tertentu rentan mengalami alergi terhadap jenis makanan laut lain pada golongan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar