Keuntungan dan Kerugian Lensa Buatan Dalam Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: clinicaomegalanzarote.com

Seiring bertambahnya usia, lensa alami mata akan menjadi buram, sehingga menyebabkan penurunan penglihatan. Ketika lensa mulai mengurangi kemampuan melihat seseorang, inilah sebuah kondisi yang disebut dengan mata katarak terbentuk. 

Selama pengobatan katarak dengan operasi, lensa alami mata akan diangkat dan diganti dengan lensa buatan (lensa intraokular). Sebelum lensa intraokular dikembangkan, pasien akan memakai kacamata atau lensa kontak sepanjang hari kecuali tidur. Lensa intraokular akhirnya dikembangkan pada tahun 1970-an karena banyak pasien mengeluhkan rasa tak nyaman menggunakan kacamata dan kontak lensa. 

Lensa ini dapat bergerak dan memiliki kemampuan alami layaknya lensa alami mata. Lensa intraokular juga membantu penggunaan kacamata dan lensa kontak yang terkadang tak mendukung kegiatan atau aktivitas tertentu, seperti olahraga. Lensa implan ini juga tak perlu perawatan khusus setelahnya. Namun, pemasangan lensa buatan ini dikaitkan dengan risiko dan efek samping dari operasi katarak. Dalam kondisi tertentu, lensa buatan ini dapat bergeser dari posisi seharusnya yang menyebabkan gangguan penglihatan bagi pemakainya. Umumnya, masalah ini disebabkan ketidakakuratan dokter dalam memasang kembali lensa implan setelah operasi katarak.

0 komentar:

Posting Komentar