6 Langkah Pengobatan Batuk Alergi Pada Anak


Batuk adalah salah satu cara tubuh untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasan dari benda asing yang masuk. Saat terserang batuk, aktivitas anak akan terganggu karena tidurnya menjadi tidak pulas karena tenggorokannya sakit dan batuk-batuk.

www.cekalergi.com

Batuk yang dialami oleh  anak tidak selalu disebabkan oleh virus  influenza, namun bisa juga karena  alergi. Masalah batuk alergi pada anak  cukup sering membuat para orang tua  merasa khawatir, apalagi terdapat  kemungkinan batuk alergi dapat  menjurus pada penyakit asma.

Jika batuk terlalu parah, maka harus segera diobati. Namun, tidak hanya pengobatan, pencegahan pun harus dilakukan untuk menjaga anak terserang penyakit batuk alergi. Berikut caranya:

1. Selidiki Sebab Alergi

Orang tua harus mencari penyebab dari batuk alergi anak. Jika penyebab telah diketahui, maka orang tua akan melakukan antisipasi agar batuk anak tidak kambuh lagi dengan menghindari alergen darii batuk tersebut.

2. Alergi karena Cuaca

Jika alergi terjadi karena cuaca, maka orang tua harus segera memakaikan baju hangat pada anak karena alergi yang sering menyerang adalah alergi dingin.

3. Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Debu yang menempel pada sekitaran perabotan bisa mmenjadi alergen pada anak yang emngalami alergi debu. Akibatnya, anak menjadi terserang batuk alergi.

4. Hindari Binatang Peliharaan

Bulu binatang bisa menjadi salah satu pemicu batuk pada anak karena bulu binatang yang terkena angin dan terbang dapat terhirup oleh anak.

5.  Hindari Jajanan Berpengawet dan Berpewarna

Makanan yang mengandung pengawet dan pewarna tidak hanya bisa menjadi pemicu batuk alergi. Melainkan juga bisa membahayakan organ pencernaan tubuh.

6. Hubungi Dokter

Jika batuk alergi yang dialami oleh anak tak kunjung membaik, maka para orang tua bisa langsung membawa anak ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar