Ponsel Pintar, Si Penyebab Masalah Penglihatan


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: businessinsider.com

Tak bisa dipungkiri bila berbagai pilihan smartphone dan gadget cukup menggiurkan bagi sebagian orang. Terlebih kini, smartphone menunjukkan status sosial seseorang. Namun jika Anda baru membeli iPhone 6, sebaiknya jangan memakainya saat hendak tidur malam. Cahaya biru dari smartphone Anda bisa mengganggu siklus tidur malam Anda. Ya, cahaya biru dari perangkat elektronik pribadi dikaitkan dengan masalah kesehatan serius baik fisik maupun mental.

Cahaya biru adalah bagian dari spektrum cahaya penuh, di mana bahayanya setara dengan paparan sinar matahari yang mengenai mata setiap hari. Paparan cahaya biru dari smartphone, tablet, laptop dan layar LED lainnya, dapat merusak penglihatan Anda. Cahaya tersebut juga menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Ketika kadar melatonin meningkat dalam tubuh, maka siklus tidur akan kacau dan risiko berbagai macam penyakit seperti depresi hingga kanker semakin tinggi.

Banyak masyarakat yang belum menyadari bahaya tersembunyi smartphone. Sebuah penelitian di Taiwan juga turut menambah daftar kerugian penggunaan smartphone terhadap kualitas penglihatan dalam jangka panjang . Menurut peneliti di Taiwan, penggunaan smartphone dalam jangka panjang menaikkan risiko munculnya mata katarak dan degenerasi makula. Kedua gangguan penglihatan ini sama-sama menyebabkan kebutaan. Pengobatan katarak dengan operasi bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen, namun sayangnya hingga kini belum ada  pengobatan bagi degenerasi makula.

0 komentar:

Posting Komentar