Katarak Kerulean, Si Mata Katarak Berwarna Biru


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: news.emory.edu

Katarak kerulean merupakan tipe mata katarak yang terjadi pada bayi baru lahir atau anak-anak dengan karakteristik berwarna biru yang muncul di tengah lensa. Umumnya, tipe katarak ini muncul dari lahir atau berkembang di masa kanak-kanak anak sekitar usia 18-24 bulan. Anak yang memiliki katarak kerulean akan mengalami gangguan penglihatan. 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mutasi beberapa gen, seperti crybb2, crygd, dan maf, menjadi pemicu berkembangkan katarak kerulean. Kekeruhan lensa diwariskan sebagai autosomal dominan. Tidak ada perawatan untuk mencegahnya berkembang, namun pengobatan katarak dengan operasi biasanya diperlukan untuk mencegah munculnya amblyopia pada anak. 

Meskipun begitu, pengobatan katarak dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Beberapa katarak ringan akan diamati jika tidak mengganggu penglihatan dan perkembangan anak. Prosedur pembedahan dilakukan sebagai pengobatan pilihan untuk kasus katarak yang parah. Idealnya, operasi katarak dilakukan kurang dari usia 17 minggu untuk meminimalkan hilangnya penglihatan. 

0 komentar:

Posting Komentar