Bunda, Kenali Tanda Malas Pada Si Buah Hati


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: familyeyecareofroswell.com

Ambiopia (lazy eye atau mata malas) merupakan gangguan mata yang berupa penurunan penglihatan akibat adanya gangguan perkembangan penglihatan selama masa kanak-kanak. Biasanya, mata malas hanya mempengaruhi satu mata, namun tak bisa dipungkiri dalam beberapa kasus terjadi kedua mat anak. Mata malas adalah penyebab utama penglihatan anak menurun. 

Mata malas berkembang ketika jalur saraf antara otak dan mata tidak dirangsang dengan baik. Akibatnya, otak hanya menerima sinyal/rangsang gambar dari satu mata. Sementara mata yang mengalami ambiopia, otak justru mengabaikan karena sinyalnya lemah. Anak yang memiliki mata malas cenderung tidak mampu mengikuti arah gerakan benda dengan benar. Mereka juga mengeluhkan tak dapat melihat dengan jelas. 

Ada berbagai penyebab mengapa seorang anak bisa mengalami mata malas. Di antaranya kelainan refraksi (rabun jauh, rabun dekat dan silindris), mata juling hingga mata katarak. Mengingat mata katarak pada anak jarang terdeteksi lebih dini, maka penting bagi orangtua untuk mengajak anak melakukan pemeriksaan mata. Hal ini demi mengurangi risiko pengobatan katarak di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar