Pengobatan Katarak dan Retinal Detachment


Sumber: retinala.com

Retinal Detachment menjadi salah satu resiko dari pengobatan katarak dengan operasi bedah. Selama operasi mata katarak, terjadi perubahan tekanan dalam mata yang terkadang dapat menyebabkan robekan kecil di bagian pinggir retina. 

Retinal Detachment ditandai dengan masuknya cairan vitreous di retina mata. Cairan ini mengalir dan dapat memisahkan retina dari posisi normal ke bagian terluar mata. Retina merupakan bagian mata yang bertanggung jawab untuk memproses informasi visual dan mengirimkannya ke otak. Ya, fungsi retina seperti kamera.  Jutaan sel retina yang peka cahaya akan menerima gambar optik, kemudian mengembangkannya, dan mengirim gambar ke otak untuk dilihat. Jika retina rusak dan tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen. 

Penelitian mengungkapkan bahwa kejadian retinal detachment yang disebabkan minimnya air mata mempengaruhi satu dari 10.000 orang setiap tahunnya. Jika seseorang divonis mengalami retinal detachment, maka dirinya memiliki 10 persen risiko lebih tinggi untuk mengembangkan masalah retinal detachment yang sama di mata lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar