Lindungi Mata Anak Dari Bahaya Sinar Matahari


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: kiwimagonline.com

Orang yang terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama dapat mengembangkan mata katarak lebih dini dibandingkan orang yang jarang terkena sinar matahari. Namun, apakah orangtua tahu bahwa sekitar 50 persen paparan sinar matahari yang mengenai mata kebanyakan terjadi pada anak-anak usia 18 tahun?

Mata anak-anak biasanya lebih rentan terhadap paparan sinar UV karena mata mereka memiliki anatomi yang memungkinkan sinar matahri masuk lebih banyak. Apalagi, anak-anak lebih banyak menghabiskn waktu di luar rumah dibandingkan orang dewasa. Parahnya, anak selalu keluar rumah tanpa perlindungan untuk mata mereka. Ada banyak bukti penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara paparan sinar UV dengan beberapa penyakit mata berat, termasuk mata katarak, degenerasi makula, kanker korneal, hingga presbyopia dini.

Sinar matahari sebaiknya dihindari antara pukul 10.00 - 15.00. Demi melindungi matanya, anak harus memakai kacamata hitam dengan perlindungan 99-100 persen UVA dan UVB. Supaya lebih maksimal, anak juga sebaiknya menggunakan topi untuk melindungi matanya. Nah, untuk perlindungan dari dalam, pastikan anak tercukupi nutrisi yang mendukung kesehatan matanya.

0 komentar:

Posting Komentar