Cara Baca Buku yang Baik bagi Mata Anak


(foto: ist)

Membaca adalah hobi positif yang patut disalurkan, khususnya bagi anak, sebab ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasannya. Namun, sebagai orangtua, Anda harus memberikan pengarahan kepada anak tentang bagiamana cara membaca yang benar. Ini penting agar sang anak bisa terhindar dari kerusakan mata.

Berikut adalah hal-hal yang mesti diperhatikan saat membaca:

  • Membaca wajib dilakukan di tempat yang memiliki penerangan baik. Sangat dianjurkan menggunakan lampu dengan cahaya berwarna putih saat membaca.

  • Posisi membaca idealnya berada pada sudut 60 derajat dari horizontal. Mata melihat ke arah bawah (bukan lurus ke depan) dan idealnya berjarak sekitar 15-25 inch. Sesuaikan jarak baca yang nyaman sehingga tidak menyebabkan mata lelah. Apabila hendak membaca sambil tiduran, gunakan bantal sebagai penyangga punggung dan pastikan posisi kepala tetap tegak.

  • Dianjurkan untuk tidak membaca selama satu jam secara terus menerus. Beri mata istirahat tiap beberapa menit sekali dengan memusatkan pandangan ke arah yang jauh, dan atau pejamkan mata sejenak hingga otot mata rileks.

0 komentar:

Posting Komentar