Gaya Hidup Sehat, Mata Pun Sehat


Sumber: fitnessmagazine.com

Menjalani hidup sehat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Termasuk baik untuk kesehatan mata. Membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat ternyata juga membantu Anda mengurangi anggaran biaya kesehatan, seperti biaya operasi lasik, operasi katarak atau bedah mata lainnya.

Jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk hidup sehat.

1. Menjaga berat badan sehat. Obesitas meningkatkan risiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glaukoma.

2. Makan makanan yang sehat. Tak hanya wortel yang baik untuk kesehatan! Sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya juga baik untuk kesehatan mata, terutama sayuran hijau. Jangan lupa seimbangkan dengan mengonsumsi ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna dan halibut.

3. Stop merokok. Sadarkah Anda bahwa merokok tak hanya mengancam kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi juga kesehatan mata? Banyak penelitian yang mengatakan bahwa merokok menaikkan risiko mata katarak, degenerasi makula, hingga kerusakan saraf optik, yang semuanya menyebabkan kebutaan.Kalau Anda terancam buta, segala macam operasi, termasuk operasi lasik mata, tak bisa mengembalikan penglihatan Anda.

4. Mengelola kondisi kronis. Beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi dan multipel sclerosis dapat mempengaruhi penglihatan yang berujung pada kebutaan. Mengecek kondisi kesehatan secara teratur dapat mencegah masalah mata ini terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar