Berbagai Penyebab Sistemik Katarak (Bagian I)

Mata Katarak | Pengobatan Katarak | Operasi Katarak

Mata Katarak | Pengobatan Katarak | Operasi Katarak
Sumber: buletinkesehatan.com


Katarak merupakan penyebab utama kebutaan yang terjadi di Indonesia. Diprediksi setiap satu menit, seseorang akan mengalami kebutaan yang disebabkan penyakit mata ini. Namun, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah sedini mungkin dengan mengetahui penyebab yang dapat merusak lensa mata.

Setidaknya ada sembilan penyebab sistemik terjadinya katarak pada mata. Diabetes, kelainan metabolik lain, obat-obatan sistemik, infeksi, distrofi miotonik, dermatitis atopik, sindrom sistemik, kongenital, dan radiasi sinar X disebutkan dalam buku Oftalmologi bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu, berbagai penyebab ini akan dibahas satu per satu.

Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga kadar gula pada darah meningkat. Di saat itulah, tubuh menjadi sulit untuk bekerja dengan optimal, termasuk pada mata. Komplikasi yang sering terjadi pada penderita diabetes adalah katarak pada mata. Lensa mata yang membengkak akibat kadar gula yang tinggi berpotensi menyebabkan katarak.

0 komentar:

Posting Komentar