Berbagai Penyebab Sistemik Katarak (Bagian II)

Mata Katarak | Pengobatan Katarak | Operasi Katarak

Mata Katarak | Pengobatan Katarak | Operasi Katarak
Sumber: kompas.com

Kelainan metabolik lain juga dapat memicu terjadinya katarak. Galaktosemia, hipokalsemia, dan penyakit Fabry berpotensi untuk menciptakan katarak pada mata. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan di dalam tubuh di mana adanya kesulitan dari dalam tubuh dalam mencerna zat-zat yang sesungguhnya dibutuhkan di dalam tubuh. Ketika tubuh sulit mencerna zat, maka yang akan terjadi adalah kerusakan pada bagian tubuh lain, termasuk mata yang berpotensi menimbulkan katarak.

Obat-obatan sistemik juga dapat menciptakan katarak pada mata. Ini disebabkan dari efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan melalui obat-obatan seperti steroid, klorpromazin, dan lain-lain. Obat-obatan tersebut berpotensi untuk merusak saraf dan lensa mata yang dapat menimbulkan katarak.

Infeksi juga dapat menimbulkan katarak pada mata. Meskipun ini tidak langsung terjadi, salah satu penyakit infeksi yang dapat menimbulkan katarak adalah rubella kongenital di mana di saat dalam kandungan, sang ibu terinfeksi virus rubella dan ini dapat menyebabkan katarak pada anak ketika dilahirkan atau pada usia belia.

0 komentar:

Posting Komentar