Tes Tusuk Kulit, Tes Alergi Anak Paling Mutakhir

Tes Alergi AnakPenyakit Alergi Pada Anak
www.cekalergi.com
Tes alergi anak adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah seorang anak memiliki alergi terhadap suatu alergen atau tidak. Tes ini sangatlah penting, karena dengan melakukan tes maka Bunda bisa menjauhkan putra putri Bunda dari alergen yang mengancam kesehatannya. Salah satu tes untuk mengetahui penyakit alergi pada anak adalah skin prick test atau tes tusuk kulit. Apa itu tes tusuk kulit? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Tujuan dari Tes Tusuk Kulit

Tes alergi anak yang satu ini memiliki tujuan untuk memeriksa alergi pada anak terhadap suatu alergen. Alergen yang dapat diketahui dari tes ini sangat beragam, mulai dari alergen hirup hingga alergen makanan. Alergen hirup antara lain berupa debu, tungau, serbuk sari dan lain sebagainya. Untuk alergen makanan antara lain telur, udang, kepiting dan lain sebagainya. Tes ini bisa mendeteksi hingga 33 jenis alergen atau lebih.

Prosedur Tes Tusuk Kulit

Tes ini dapat dilakukan untuk mencari tahu penyakit alergi pada anak dengan mudah. Namun prosedur yang harus dilakukan tidak sembarangan. Hanya dokter terlatih di bidang alergi-imunologi saja yang bisa melakukannya. Prosedur wajib dari tes tusuk kulit antara lain anak harus berusia 3 tahun, dalam kondisi tubuh yang sehat serta tidak meminum obat anti alergi selama kurang lebih 3 hingga 7 hari.

Tes ini dilakukan dengan cara memberikan alat khusus pada kulit yang disebut sebagai ekstrak alergen. Ekstrak alergen ini diteteskan di atas kulit. Ekstrak alergen ini sebenarnya adalah bahan-bahan alami yang paling sering menimbulkan alergi pada banyak orang. Tes alergi pada anak ini dilakukan dengan menggunakan jarum khusus. Sehingga dengan prosedur ini anak tak akan merasa sakit atau mengeluarkan darah. Hasil tes dapat diketahui hanya dalam waktu 15 menit setelah dilakukan tes.

0 komentar:

Posting Komentar