Saudara Kandung Belum Tentu Memiliki Alergi yang Sama

Tes Alergi AnakAlergi Pada Anak
www.health.kompas.com
Tahukah bunda bahwa sebenarnya putra putri Bunda belum tentu memiliki alergi yang sama? Sebuah penelitian dilakukan oleh berbagai institusi dan mendapatkan kesimpulan bahwa hanya 1 dari 10 pasangan saudara kandung yang memiliki alergi yang sama. Hasil penelitian ini sukses menepis anggapan lama bahwa saudara kandung memiliki alergi yang sama. Namun, Bunda tak boleh menyepelekan tes alergi anak begitu saja. Bunda tetap harus melakukan tes alergi anak untuk mengetahui alergi pada anak Bunda.

Hanya 13% Saudara Kandung yang Memiliki Alergi Sama

Dari sekitar 1.000 pasang saudara kandung yang melakukan tes ternyata hanya 13% saja yang memiliki alergi yang sama. Lalu, sekitar 53% pasangan saudara kandung tersebut hanya sensitif terhadap beberapa makanan.

Jangan Melakukan Tes Alergi Anak Secara Berlebihan

Para pakar juga mengutarakan bahwa tes alergi makanan yang dilakukan pada pasangan saudara kandung harus dibatasi untuk mengurangi kemungkinan misdiagnosis. Hal ini dikarenakan tidak adanya indikator pasti tentang penyebab alergi yang menyerang anak-anak.


Tes alergi pada anak sangat diperlukan untuk mengetahui apa saja alergi pada anak. Namun, melakukan tes secara berlebihan sangat tidak disarankan karena hal tersebut memicu tingginya kemungkinan misdiagnosis. Melakukan screening pada anak yang belum diperkenalkan dengan alergen paling berisiko juga tak disarankan.

0 komentar:

Posting Komentar