Perlukah Tes Alergi Anak Untuk Dilakukan?

Tes Alergi AnakAlergi Pada Anak
www.cekalergi.com
Tes alergi anak adalah salah satu langkah yang dilakukan dokter untuk mengetahui alergi apa saja yang dimiliki oleh seorang anak. Tes ini sangatlah diperlukan agar orang tua bisa menghindarkan anak mereka dari bahan atau makanan yang bisa menyebabkan alergi pada anak.

Tes Kulit

Tes kulit adalah salah satu tes alergi anak yang kerap dilakukan oleh para dokter. Tes ini meliputi tes tusuk kulit (skin prick test), tes tempel (patch test) dan juga tes kulit intrakutan (skin test). Tes tusuk kulit berguna untuk memeriksa keadaan alergi pada anak, seperti alergi benda yang terhirup dan juga alergi makanan. Tes tempel berguna untuk mengetahui alergi yang disebabkan oleh kontak bahan kimia seperti sabun atau zat kimia lain. Tes kulit intrakutan adalah tes yang dilakukan dengan cara disuntikkan dan hasil akan didapat setelah 15 menit.

Tes Darah

Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari si anak. Metode yang digunakan adalah metode ELISA atau enzym linked immuno assay. Tes alergi anak ini biasa dilakukan untuk mengetahui alergi pada anak, seperti alergi hirup, alergi spora, pollen dan lain sebagainya. Tes ini bisa dilakukan pada anak usia berapapun karena tidak menggunakan obat-obatan.

Tes Provokasi dan Eliminasi

Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah seorang anak alergi terhadap suatu makanan atau obat-obatan tertentu. Untuk memastikannya maka dokter akan melakukan metode provokasi DBPCFC (double blind placebo control food challenge). Selain itu dokter juga bisa melakukan provokasi DBPC (double blind placebo control).


Jadi, tes alergi anak adalah hal yang amat penting untuk mengetahui alergi pada anak kesayangan bunda. Jangan sampai melewatkan tes ini ya, Bunda!

0 komentar:

Posting Komentar