Seperti Keriput, Katarak Termasuk Proses Penuaan Yang Tidak Bisa Dicegah


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: prwg.co.uk

Ketika usia Anda menginjak kepala 6, mungkin Anda akan mulai was-was dengan performa kesehatan tubuh. Selain masalah ingatan mulai menurun, kebanyakan orang berusia lanjut juga mengalami masalah penglihatan. Tak salah lagi, risiko katarak mulai menghantui.

Katarak merupakan suatu kondisi di mana lensa alami mata mengalami kekeruhan akibat proses penuaan. Lensa mata manusia terdiri dari air dan protein yang sudah dirancang dapat membiarkan cahaya masuk ke dalam mata. Seiring bertambahnya usia, protein dapat bergumpal di atas lensa mata sehingga menyebabkan sedikit cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penglihatan menjadi kabur. 

Tak sepenuhnya masalah penuaan disalahkan. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga mampu mempengaruhi penglihatan mata. Obat-obatan seperti kortikosteroid terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak. 

Umumnya, katarak berkaitan dengan usia ini berbentuk kecil, terletak di bagian tengah lensa, dan dapat berkembang pada salah satu atau kedua mata. Kebanyakan penderita mata tidak mengeluhkan apa-apa, namun saat katarak terus berkembang selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, berbagai masalah seperti penglihatan kabur, pandangan ganda, penglihatan di malam hari lemah hingga kesulitan membedakan warna akan membuat penderitanya frustasi.

Kini, operasi bedah menjadi satu-satunya prosedur pengobatan katarak yang dinilai lebih aman, efektif dan satu-satunya mengatasi masalah mata katarak. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mencobanya demi mendapatkan penglihatan normal kembali.

0 komentar:

Posting Komentar