Ingin Mata Tetap Sehat? Ini Tipsnya!


Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting karena mata merupakan organ penglihatan atau secara kompleks mata dipergunakan untuk memberikan pengertian visual, sehingga mata dapat membantu kita pada saat bekerja dan melakukan berbagai aktivitas lainnya sehari-hari.

Lebih dari itu, melalui mata kita juga dapat melihat betapa indah seluruh ciptaan Allah, alam beserta isinya, langit yang membentang dan juga berbagai kesempurnaan manusia. Untuk itu, kita harus bersyukur karena telah dikaruniai indra penglihatan untuk dapat melihat ciptaanNya.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur, kita bisa melakukan dengan cara menjaga kesehatan mata. Namun tak bisa dipungkiri bahwa berbagai gaya hidup, budaya kerja, kebiasaan tidak baik yang kerap dilakukan setiap hari dan lain sebagainya, telah membuat kesehatan mata terus menurun.

Mata Sehat
Foto Mata Sehat: health.ninemsn.com.au

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata:


  • Pada saat membaca buku, pastikan buku berada pada jarak ideal (sekitar 30cm dari mata). Hal ini akan menghindarkan Anda dari penyakit miopi (rabun dekat).
  • Hindari aktivitas membaca buku dengan posisi tidur (baik terlentang maupun tengkurap). Ini juga dapat mengakibatkan penyakit miopi.
  • Pada saat membaca buku menggunakan komputer atau pada saat menonton televisi, pastikan cahaya diruangan telah cukup. Jika terlalu redup bahkan dalam keadaan gelap, akan mengganggu kesehatan mata Anda.
  • Jika Anda bekerja dengan menggunakan media komputer atau laptop, biasakanlah untuk beristirahat setelah mata Anda merasa lelah. Mengistirahatkan mata selama 1-3 menit akan sangat bermanfaat untuk mata Anda.
  • Jika mata Anda terasa gatal, jangan pernah mengucek mata. Berilah tetes mata. Ingat! mengucek mata akan sangat berbahaya bagi mata Anda.
  • Berhenti merokok atau jika Anda bukan perokok, jauhilah asap rokok dari perokok disekitar Anda. Asap rokok berbahaya bagi kesehatan mata karena dapat menyebabkan penyakit mata katarak dan kerusakan saraf optik mata.
  • Jika Anda sedang berada di alam pegunungan, lakukan terapi dengan melihat hamparan alam hijau. Terapi ini sangat penting bagi kesehatan mata Anda.
  • Kurangi aktivitas bermain game online dan game console (playstation, xbox dan lain sebagainya) secara berlebihan.
  • Last but not least, biasakan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A, seperti wortel, brokoli, kangkung, bayam, ubi jalar merah dan labu kuning. 

Semoga tips mata sehat diatas bermanfaat untuk Anda. (WM)

1 komentar:

  1. Semua orang ingin sekali mempunyai mata yang sehat dan bebas dari banyak masalah. Tapi sekarang, apa lagi ditambah dengan banyaknya gadget, penggunaanya yang terlalu lama ngelihat layar, akan kemungkinan semakin banyak yang terkena maslah mata. Semoga menjadi pengguna yang pintar :)

    BalasHapus